Tips Cara Merawat Windows 7

tips cara merawat windows 7
tips cara merawat windows 7


Tips Cara Merawat windows 7 - Salam Labeltutorialblog seperti biasa nih subuh subuh gini enakan nulis serius deh tapi apa saya doang ya ?? hehe tapi hal ini menjadi kebiasaan saya (padahal mah biar gak tidur lagi) hhe oke kali ini labeltutorial akan membahas mengenai tips untuk merawat windows 7, pengertian dari windows 7 itu sendiri adalah salah satu system operasi yang terpasang dikomputer atau laptop anda sebagai perangkat yang bisa berinteraksi sama komputer jadi tanpa adanya system operasi ini laptop anda gak akan bisa beropasi , nah karna sangat pentingnya system operasi ini makanya harus dijaga dengan baik karna kalo system operasi ini terganggu ya bakalan berakibat juga buat aktifitas komputer anda. nah oleh karna itu penulis disini akan membagikan tips untuk anda agar system operasi nya tetap terjaga dan aman.

Pada kesempatan kali ini penulis akan membuat tips merawat di system operasi windows 7 , kenapa saya memilih windows 7 ditips komputer kali ni ya karna windows 7 saat ini masih populer bagi pengguna komputer atau laptop walaupun sudah ada yang namanya system operasi windows 8. saya rasa anda gak salah membaca tips cara merawat windows 7 ini mengingat karna pentingnya sebuah system operasi pada komputer atau laptop anda gak mau kan kalo komputer kesayangan anda buat ngeblog rusak dan harus di install ulang? ya seperti halnya tanaman jika tidak dirawat dan disiram bakalan layu dan mati . begitu pun dengan sytem operasi windows ini . jadi perhatikan tips cara merawat windows 7 berikut ini :

1. Defragment Harddisk
Defragment Harddisk itu perlu. Ibarat kamar yang isinya berantakan akan membuat kita sulit mencari sesuatu sehingga akan memakan waktu yang lebih lama untuk menemukannya. Sama halnya dengan Windows, jika isi harddisk berantakan maka akan berpengaruh pada kecepatan sistem operasi. Pecahan-pecahan data yang tersimpan pada harddisk terjadi karena proses read-write file. Semakin sering melakukan proses read-write seperti copy-paste file, maka semakin besar pula kemungkinan terjadinya fragmentasi. Untuk itu defrag harddisk secara berkala. Bisa 1 bulan sekali atau 3 bulan sekali. Windows 7 mempunyai perangkat untuk defrag secara default.

Bisa kita buka melalui Start > Accessoris >  System Tool > Disk Defragmenter. Atau bisa juga menggunakan aplikasi dari vendor lain.

2. Membersihkan Registry
Registry Windows merupakan kumpulan basis data informasi dan konfiguras sistem yang disusun secara hirarki. Adakalanya registry banyak berisi konfigurasi yang sudah tidak terpakai sehingga menjadi sampah.

Registry editor bisa dibuka melalui Start > Run > ketik Regedit.

Tapi ingat, menghapus data registry secara manual tanpa pengetahuan yang mendalam bisa beresiko merusak sistem. Jadi pakai aplikasi registry cleaner seperti yang ada pada CCleaner atau TuneUp Utilities. Tapi sebelum itu ada baiknya jika kita back up registry untuk jaga-jaga.

Caranya, pada registry editor pilih menu file, export, lalu simpan hasil backup.

3. Membersihkan Desktop
Sebenarnya tips yang ketiga ini boleh dilakukan atau tidak tapi disini saya ingin membuat tips yang baik dan benar jadi apa salahnya mencoba, desktop yang memiliki terlalu banyak shortcut tentu tidak nyaman di lihat. Selain itu juga menambah beban sistem operasi untuk memuat seluruh shortcut sehingga bisa memperlambat proses booting. Hal ini memang sifatnya relatif, tapi alangkah bijaknya jika memasang shortcut yang dibutuhkan saja.

4.Amankan Dengan Antivirus
Pakailah antrivirus untuk melindungi sistem operasi Windows anda dari ancaman virus atau program-program jahat. Ada banyak virus yang menyediakan layanan free namun tetap berkualitas seperti AVG, ESET,Avira, Avast, dan banyak lagi. Pastikan melakukan update antivirus agar antivirus bisa mengenali virus-virus terbaru sehingga komputer anda bisa terhindar dari kerusakan akibat virus atau program jahat.(disini penulis memakai eset smart security)

5. Update Windows
Update sistem operasi itu perlu. Pihak Microsoft menyediakan update secara berkala untuk menambal celah pada Windows atau aplikasi-aplikasi bawaannya. Update Windows juga biasanya berguna untuk meningkatkan kompatibilitas driver hardware sehingga fungsionalitas hardware dengan Windows bisa semakin lebih baik.  (tapi saran saya bagi pengguna windows bajakan jangan melakukan hal ini karna bisa terdeteksi oleh windows dan bisa membuat system windows anda tidak bekerja)
Untuk melakukan pengaturan update Windows bisa dibuka melalui

 Start > Control Panel > WindowsUpdate.

6. Membersihkan Junk File
Junk file atau file sampah berdampak memenuhi kapasitas harddisk tanpa kita inginkan. Kehadirannya memang sulit terdeteksi, namun bisa menggunakan aplikasi disk cleaner seperti CCleaner atau TuneUp Utilities.jika anda tidak memiliki aplikasi tersebut, Windows 7 memiliki tool yang bernama Disk Cleanup untuk bersih-bersih. Langkahnya

 Start > Accessoris > System Tool  > Disk Cleanup.

nah itu lah tips labeltutorial komputer semoga bermanfaat sobat .salam labeltutorialblog


thanks to : bisakomputer.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cara Merawat Windows 7"

Post a Comment